Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pentingnya Pendidikan Bagi Generasi Penerus Bangsa


JingkangPost:
Carilah ilmu sampai ke Negeri China. Begitulah istilah hadits Nabi Muhammad SAW yang sering kita dengar dalam dunia pendikan. Hal ini mengisyaratkan kita semua untuk menempuh pendidikan setinggi mungkin yang kelak akan berguna bagi kehidupan.

Pendidikan merupakan hal penting yang akan berpengaruh terhadap tingkat kesejahteraan bagi kehidupan masyarakat. Tanpa adanya pendidikan, maka akan banyak kerugian atau dampak negatif yang didapat oleh masyarakat, semisal angka kemiskinan yang semakin tinggi, semakin menjamurnya pengangguran yang akan mengakibatkan tingginya angka kriminalitas.

Hal ini tentu sebaiknya diatasi dan dicegah melalui kesempatan mendapatkan pendidikan yang baik dan berkualitas.
Namun, seperti yang kita tahu, angka anak putus sekolah yang ada di negara kita masih cukup terbilang tinggi dikarenakan berbagai faktor. Salah satunya banyaknya perkawinan dini dan ekonomi rendah serta minimnya kesadaran orang tua akan pentingnya pendidikan yang berkualitas bagi anak-anak mereka.

Sebenarnya, jika kita lihat pada Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 31 ayat (1) yang berbunyi “Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan”. Pasal tersebut telah membuktikan bahwa disini negara menjamin hak warga negara untuk mendapat pendidikan baik di tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan adanya program wajib belajar 12 tahun.

Selain itu, pemerintah juga telah banyak mengeluarkan berbagai jenis beasiswa untuk mendukung anak-anak yang kurang mampu agar tetap dapat mengenyam pendidikan, salah satunya yaitu Beasiswa Provinsi dan Beasiswa Bidikmisi. Hal ini telah memberikan kemudahan bagi masyarakat ekonomi kelas bawah untuk dapat mengakses pendidikan yang layak.

Selain berbicara mengenai pendidikan yang berkualitas bagi para penerus generasi bangsa, tak lupa juga pendidikan yang berkualitas harus diimbangi dengan pendidikan yang bermoral.

Hal ini sangat penting dalam menghadapi era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) agar dapat meminimalisirkan angka pengangguran yang kian meninggi dari tahun ke tahun.
Bagi anak-anak yang putus sekolah, hendaknya dapat dilakukan bimbingan agar dapat kembali melanjutkan pendidikannya dengan berbagai beasiswa yang disediakan oleh pemerintah.

Selain itu, dibutuhkan juga peran orang tua dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya pendidikan bagi putra-putri mereka agar mendapat masa depan yang lebih baik. Disini orang tua mempunyai peranan yang penting untuk dapat membimbing anak-anak agar memiliki kemauan dan keinginan untuk bersekolah tanpa memikirkan masalah ekonomi yang menghimpit mereka.
Sejatinya, pendidikan bukanlah suatu momok bagi kaum menengah ke bawah.

Melainkan pendidikan yang berkualitas dan bermoral ialah jembatan bagi para penerus generasi bangsa agar dapat mencapai impian mereka untuk meraih masa depan yang lebih baik. Aamiin(PK)

Post a Comment for "Pentingnya Pendidikan Bagi Generasi Penerus Bangsa"