Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wanita Dan Sisi Negatif Dunia Maya



Banyumas (03/06)
Perempuan adalah tiang negara, jika perempuannya baik maka baiklah negaranya, dan jika perempuannya rusak, maka hancurlah negaranya.

Perempuan memiliki peran tersendiri dalam perwujudan peradaban yang unggul bagi negeri ini. Apalagi ketika perempuan juga menyandang status sebagai seorang muslimah.

Maka perannya sebagai dasar fondasi umat melalui madrasatul ula atau sekolah pertama bagi anak-anaknya nanti adalah hal mendasar yang harus dipahami setiap muslimah. Apalagi di era milenial yang kondisinya menuntut setiap pekerjaan menjadi instan dan cepat.


Hal ini dapat dilihat dari pesatnya perkembangan teknologi khususnya pada bidang telekomunikasi.

Sebagai seorang muslimah, memahami kondisi dunia yang hanya sedekat sentuhan jari ini perlu adanya pedoman. Dunia yang lazim kita sebut dengan dunia maya ini tentunya berbeda dengan kehidupan nyata, namun sebagai seorang muslim pedomannya tetaplah sama.

Pedoman hidup yang mengatur setiap sendi kehidupan kita, Al Quran dan As Sunah. Karena dalam Islam sendiri mengatur segala aspek kehidupan, termasuk kehidupan dalam dunia maya.

Allah SWT mengutus Rasulullah SAW salah satu tujuannya ialah untuk menyempurnakan akhlak manusia. Dalam hal ini kita sebagai seorang muslimah juga harus menyempurnakan akhlak kita sesuai tuntunan Rasulullah. Tidak terkecuali kehidupan maya kita.

Wajib bagi kita mengetahui dan mengamalkan adab dalam dunia maya. Khususnya bagian dunia maya yang berhubungan dengan pergaulan sesama manusia atau yang lazim kita dengar dengan sosial media. Karena, sekalipun terlihat maya, tapi sakit hati yang diakibatkan nyata, dampak kerusakan pun nyata.

Media sosial tentunya mempunyai dampak besar dalam kehidupan kita. Contohnya dengan keberadaan salah satu alat komunikasi telepon seluler yang berisi puluhan aplikasi media sosial.

Hal ini dapat memudahkan seseorang dalam menjalin hubungan jarak jauh khususnya, serta banyak kemudahan yang bisa kita dapat darinya. Namun, disisi lain tentu ada dampak negatif yang timbul apabila kita tidak hati-hati dalam penggunanya.

Bermain media sosial ibarat menghunus sebuah pedang. Jika salah mengayunkannya, maka kita sendiri yang akan tertebas.

Post a Comment for "Wanita Dan Sisi Negatif Dunia Maya"