Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah Nyata Ikhtiar Lahir Batin NU dan Pemdes Jingkang Melawan Covid-19


Pengurus Ranting (PR) Nahdlatul Ulama (NU) Desa Jingkang Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas Jawa Tengah bekerja sama dengan pemerintah Desa setempat menggelar istighosah besama untuk mencegah tersebarnya virus Covid-19.

Kegiatan ini digelar Sabtu,(20/3) malam di Aula Balai Desa setempat dan di ikuti oleh ketua RT, RW serta tokoh masyarakat. Sebelum kegiatan berlangsung masyarakat yang akan mengikuti kegiatan di wajibkan memakai handstanitizer yang telah disediakan panita dan lokasi tempat duduk diberi jarak 1 meter.

Nurrudin, Tanfidzyah NU Ranting Jingkang mengatakan kegiatan ini digelar untuk menindaklanjuti himbauan dari Ketua PBNU KH Said Aqil Siradj untuk melakukan ikhtiar lahir batin dalam melawan virus Corona.
"Kami akan terus berupaya agar warga NU dan masyarakat di Desa Jingkang bisa terhindar dari virus Corona," katanya.

Pria yang akrab disapa Kiai Nur ini juga mengingatkan kepada masyarakat agar terus meningkatkan rasa keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Jangan sampai ketakutan kita kepada Allah berkurang sedikit saja gara-gara adanya virus Corona.

"Tetap patuhi himbauan dari pemerintah, dan lakukan pola hidup bersih dan sehat," tegasnya.

Hal senada juga disampaikan Edi Riyanto, Kepala Desa Jingkang, ia menegaskan bahwa pemerintah desa akan berusaha semaksimal mungkin agar masyarakat Desa Jingkang aman dari virus Corona. Ia juga meminta kepada jajaran pengurus NU agar terus bersinergi dengan pemerintah Desa.

"Kami selalu membuka ruang kerja sama bagi NU dan badan otonom nya, untuk berjuang bersama mengelola Desa Jingkang, apalagi ditengah-tengah kondisi seperti ini, yang di butuhkan hanyalah sikap persatuan saling tolong menolong," jelasnya.

Selain menggelar istighosah, sebelumnya NU dan Pemdes juga melakukan penyemprotan Disinfektan di seluruh Masjid dan Musholla serta tempat-tempat umum lainnya yang ada di wilayah Desa Jingkang.