Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ekonomi Kreatif Desa


JingkangPost.
-Ekonomi kreatif adalah ekonomi masa depan yang bertumpu pada daya kreasi manusia. Ekonomi kreatif pada hakikatnya adalah kegiatan ekonomi yang mengutamakan pada kreativitas berpikir, “thinking new things”, yaitu berpikir sesuatu yang baru.

Manifestasinya sangat banyak, seperti berpikir tentang cara baru, model baru, desain baru, barang dan jasa baru, pemasaran baru, usaha baru, distribusi baru , strategi baru, teknik baru, dan komersialisasi baru.

Bila kita proyeksikan di setiap RW maka setiap domein dari kegiatan ekonomi RW saling berhubungan di mana Creative Cluster merujuk pada pengertian industri di RW, baik komersial maupun non-profit.

Seandainya UKM berbasis pedesaan dapat melakukan konvergensi dengan BUMDes dapat ikut  menumbuhkan ekonomi kreatif di pedesaan yang memberikan multiplier effect cukup besar terhadap ekonomi ditinjau dari : potensi ekonomi, potensi untuk sukses, dan dampak terhadap rakyat miskin dan tentu saja dapat menciptakan kemandirian ekonomi mayarakat desa. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan ekonomi kreatif di pedesaan.

Potensi ini pula yang tengah dibidik oleh Kepala desa Jingkang, melalui Kader Pemberdaya Masyarakat Desa (KPMD) yang sedang berupaya menumbuhkan di setiap warga yang bisa menjadi pelopor dalam ekonomi kreatif Desa.(PK)

Post a Comment for "Ekonomi Kreatif Desa"